HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0 The founding members and signatories who represent the International Consortium for Court Excellence

Articles in Category: Artikel

Agenda ke-13 Ramadan PN Kolaka: Kesombongan Manusia

on Jumat, 14 April 2023. Posted in Artikel, Berita

Agenda ke-13 Ramadan PN Kolaka: Kesombongan Manusia

Bapak Musafir, S.H. selaku Hakim Pengadilan Negeri Kolaka mengawali agenda pagi Ramadan PN Kolaka dengan Tausiyah pada Kamis, 13 April 2023 di Musholla. Bapak Musafir menyampaikan ceramah mengenai "Sebab-sebab Munculnya Kesombongan". Tausiyah ini sebagai pengingat bahwa kita sebagai manusia dianjurkan untuk bersikap rendah hati.

Dalam Tausiyah, Bapak Musafir menyebutkan kesombongan seringkali merasuk ke dalam jiwa manusia akibat jauh dari Islam. Sebab-sebab munculnya kesombongan antara lain:
1. Sombong karena memiliki kedudukan
Seseorang sombong ketika memiliki kedudukan biasanya enggan untuk menerima nasihat dan kebenaran dari orang yang dianggap lebih rendah sebagaimana Firaun yang menolak dakwah Nabi Musa dan merendahkan Bani Israil.
2. Sombong karena hartanya
Qarun adalah gambaran kesombongan karena harta yang melimpah yang mana kunci gudang penyimpanannya tidak mampu dipikul oleh tujuh orang lelaki yang kuat. Tetapi karena kesombongannya, Allah tenggelamkan ia bersama dengan hartanya ke dalam bumi.
3. Sombong karena kekuatan, kesehatan dan ketampanannya/kecantikannya
Kaum 'Ad dan Tsamud menjadi contoh yang mana kaum ini memiliki kekuatan dan teknologi yang tinggi tetapi Allah hancurkan karena kesombongan mereka menolak Islam
4. Sombong karena ilmu
Seorang yang sombong karena berilmu terkadang terucap cacian dan peremehan kepada saudaranya yang lain.

Setelah Tausiyah, Bapak Musafir membacakan beberapa hadist untuk menjadi pengingat kita sebagai muslim.

Selanjutnya seluruh pegawai membaca Al Quran secara bergantian. Pegawai yang tidak membaca, menyimak bacaan yang dilatunkan.

Kegiatan tersebut dimaksudkan agar di bulan yang penuh rahmat ini dapat diisi dengan agenda-agenda kebaikan dan sebagai sarana mendekatkan diri kepada Sang Maha Kuasa. Selain itu, bertujuan untuk mempererat silaturrahmi antar pegawai Pengadilan Negeri Kolaka.

/*userway*/