HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0 The founding members and signatories who represent the International Consortium for Court Excellence

Articles in Category: Artikel

Giat Safari Ramadan PN Kolaka ke Kelurahan Mangolo

on Jumat, 14 April 2023. Posted in Artikel, Berita

Safari Ramadan Pengadilan Negeri Kolaka pada Senin, 10 April 2023 ke Kelurahan Mangolo. Safari Ramadan diwakilkan oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kolaka, Bapak Agus Ardianto, S.H., M.H. dan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) PN Kolaka, Bapak Sujiharto Dinoto, S.H.

Safari Ramadan merupakan salah satu agenda kebaikan dari Pengadilan Negeri Kolaka yang bertujuan untuk menjalin silaturrahmi kepada masyarakat sekitar.

Agenda ke-12 Ramadan PN Kolaka: Memburu Lailatul Qadar

on Rabu, 12 April 2023. Posted in Artikel, Berita

Tausiyah pagi Pengadilan Negeri Kolaka pada Rabu, 12 April 2023 dimulai pada pukul 08.00 WITA di Musholla Pengadilan Negeri Kolaka. Tausiyah pada hari ini disampaikan oleh Bapak Suhardin Z. Sapaa, S.H., Hakim Pengadilan Negeri Kolaka dengan materi "Memburu Lailatul Qadar". Tujuan dari Tausiyah ini agar kita sebagai hamba-Nya dapat menghidupkan Lailatul Qadar dengan berbagai amalan.

Bapak Suhardin menyampaikan bahwa Allah Ta'ala mengabarkan bahwa Dia telah menurunkan AL Quran pada malam Al-Qadr. Sebuah malam yang sangat berkah yang lebih baik dari seribu bulan. Kendati demikian, Ak-Hafizh Ibnu Hajar mengatakan bahwa terdapat sekitar empat puluh perbedaan pendapat mengenai datangnya Lailatul Qadar. Namun yang jelas, Lailatul Qadar jatuh di antara 10 malam terakhir dari Bulan Ramadan sebagaimana yang disabdakan oleh Rasullullah SAW:

"Rasulullah SAW biasa beritikaf pada sepuluh yang akhir dari Ramadan, dan beliau bersabda, 'Hendaklah kalian mencari Lailatul Qadar pada sepuluh yang akhir dari bulan Ramadan'." [HR Bukhari dan Muslim].

Hikmah tidak disebutkannya kapan terjadi Lailatul Qadar agar kita terus mencari dengan memperbanyak shalat, dzikir, doa, dan membaca Al Quran di seluruh malam terakhir Ramadan. Selain itu, sebagai ujian dari Allah untuk mengetahui siapa di antara hamba-Nya yang bersungguh-sungguh dalam mencari Lailatul Qadar.

Setelah Tausiyah, Bapak Suhardin membacakan beberapa hadist untuk menjadi pengingat kita sebagai muslim.

Selanjutnya seluruh pegawai membaca Al Quran secara bergantian. Pegawai yang tidak membaca, menyimak bacaan yang dilatunkan.

Kegiatan tersebut dimaksudkan agar di bulan yang penuh rahmat ini dapat diisi dengan agenda-agenda kebaikan dan sebagai sarana mendekatkan diri kepada Sang Maha Kuasa. Selain itu, bertujuan untuk mempererat silaturrahmi antar pegawai Pengadilan Negeri Kolaka.

/*userway*/