Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Kolaka Kelas I B

JL.Pemuda No.175 Kolaka-Sultra

PENGADUAN

   PROSEDUR PENGADUAN PENGADILAN NEGERI KOLAKA

Cara Menyampaikan Pengaduan ke Pengadilan Negeri Kolaka.

A. Secara lisan Masyarakat dapat datang langsung ke Meja Informasi di kantor Pengadilan Negeri Kolaka yang bertempat di Jalan Pemuda No.175 Kolaka

B. Secara tertulis 1. Menyampaikan surat resmi yang ditujukan kepada pimpinan, dalam hal ini Ketua Pengadilan Negeri Kolaka, dengan cara diantar langsung.

2. Pengaduan secara tertulis wajib dilengkapi fotokopi identitas dan dokumen pendukung lainnya seperti dokumen lainnya yang berkaitan dengan pengaduan yang akan disampaikan.

Penerimaan Pengaduan oleh Pengadilan Negeri Kolaka

1. Pengadilan Negeri Kolaka akan menerima setiap pengaduan yang diajukan oleh masyarakat baik secara lisan maupun tertulis.

2. Pengadilan Negeri Kolaka akan memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan prosedur penyelesaian pengaduan pada saat masyarakat mengajukan pengaduan.

3. Pengadilan Negeri Kolaka akan memberikan tanda terima, jika pengaduan diajukan secara tertulis.

4. Pengadilan Negeri Kolaka hanya akan menindaklanjuti pengaduan yang mencantumkan identitas pelapor. HAK-HAK PELAPOR DAN TERLAPOR BERDASARKAN SURAT KEPUTUSAN MAHKAMAH AGUNG RI NO. 076/KMA/SK/VI/2009 Pelapor adalah individu atau kelompok atau instansi yang menyampaikan pengaduan kepada Lembaga Peradilan Terlapor adalah aparat atau unit kerja pada Lembaga Pengadilan yang diduga melakukan penyalahgunaan wewenang, penyimpangan atau pelanggaran perilaku

Hak Pelapor :

1. Mendapatkan perlindungan kerahasiaan identitasnya

2. Mendapatkan kesempatan untukdapat memberikan keterangan secara bebas tanpa paksaan dari pihak manapun 3. Mendapatkan informasi mengenai tahapan laporan pengaduan yang didaftarkannya

4.Mendapatkan perlakuan yang sama dan setara dengan Terlapor dalam pemeriksaan

Hak Terlapor : 1. Membuktikan bahwa dia tidak bersalah dengan mengajukan saksi dan alat bukti yang lain Meminta Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dirinya Hak Mahkamah Agung dan Badan Peradilan :

1. Merahasiakan kesimpulan dan rekomendasi Laporan Hasil Pemeriksaan kepada pihak Terlapor, Pelapor, dan pihak-pihak lain selain kepada Pejabat yang berwenang mengambil keputusan;

2. Menentukan jangka waktu yang memadai untuk menangani suatu pengaduan berdasarkan tingkat kesulitan penanganan dalam hal jangka waktu yang ditetapkan; Syarat dan Tata Cara Penyampaian Pengaduan : A. Disampaikan secara Tertulis 1. Pengaduan hanya dapat diterima dan ditangani oleh Mahkamah Agung, Pengadilan Tingkat Banding dan Pengadilan Tingkat Pertama apabila disampaikan secara tertulis oleh Pelapor; 2. Pelapor dianjurkan untuk menggunakan formulir khusus untuk menyampaikan pengaduannya, baik dalam bentuk cetak maupun elektronik di situs resmi Mahkamah Agung. Meskipun demikian, pengaduan yang tidak menggunakan formulir khusus tersebut tetap akan diterima dapat ditindaklanjuti;

3. Dalam hal Pelapor memiliki kesulitan untuk membaca dan menulis, Petugas di Mahkamah Agung atau Pengadilan akan membantu menuangkan pengaduan yang ingin disampaikan Pelapor secara tertulis dalam formulir khusus pengaduan.

B. Menyebutkan Informasi yang Jelas 1. Untuk mempermudah penanganan dan tindak lanjut terhadap pengaduan yang disampaikan, Pelapor diharapkan dapat menyebutkan secara jelas informasi mengenai :

A. Identitas Aparat yang dilaporkan, termasuk jabatan, serta satuan kerja atau pengadilan tempat Terlapor bertugas; B. Perbuatan yang dilaporkan;

C. Nomor perkara, apabila perbuatan yang diadukan berkaitan dengan pemeriksaan suatu perkara;

D. Menyertakan bukti atau keterangan yang dapat mendukung pengaduan yang disampaikan. Bukti atau keterangan ini termasuk nama, alamat dan nomor kontak pihak lain yang dapat dimintai keterangan lebih lanjut untuk memperkuat pengaduan Pelapor. 2. Pelapor sedapat mungkin diharuskan untuk mencantumkan identitasnya. Namun demikian selama informasi dalam pengaduan yang disampaikan benar dan memiliki dasar yang kuat, pengaduan yang tidak mencantumkan identitas akan tetap ditindaklanjuti.

ANDA JUGA DAPAT MENGGUNAKAN SMS GATWAY KAMI UNTUK LAYANAN PENGADUAN DENGAN CARA KETIK: pengaduan#isi_pengaduan kirim ke no center kami 082346585557

Masyarakat Juga Bisa Menggunakan Pengaduan Online Kami KLIK DISNI